SOUL Action – Panti Asuhan Gayatri Widya Mandala

SOUL Action – Panti Asuhan Gayatri Widya Mandala

May 1, 2017 SOUL ACTION SOUL Teens 0

Yayasan Cahaya Cinta Kasih bersinergi dengan Yayasan Gayatri Widya Mandala dalam rangka pembinaan anak-anak terlantar, kurang mampu, serta yatim piatu yang ditampung di Yayasan Gayatri Widya Mandala dalam rangka mengembangkan minat dan bakat serta kewirausahaan untuk menciptakan generasi muda Indonesia yang berkualitas, Mandiri, berkarakter dan bermartabat.

Sedih, kecewa, sakit hati, terbuang, sendiri, tak berdaya, marah akan situasi, iri, trauma itu yang sebagian besar dirasakan oleh anak-anak terlantar, yatim piatu yang ditampung di setiap panti asuhan. Mereka ingin berontak tapi tak kuasa sehingga menjadi pendaman – pendaman trauma yang mengganggu proses pertumbuhan mereka.

Dengan dasar kondisi itulah Yayasan Cahaya Cinta Kasih dengan metode SOUL melalui gerakan SOUL Action hadir untuk melakukan pendampingan kepada anak-anak terlantar, kurang mampu, serta yatim piatu yang ditampung di Yayasan Gayatri Widya Mandala, dengan tujuan agar mereka dapat menerima, menyadari, memaafkan kondisi dan memupuk percaya diri untuk dapat membentuk generasi muda yang berbudi pekerti luhur dan berkarakter sejak dini.

Pada tanggal 30 April 2017, SOUL Community hadir ke Panti Asuhan Gayatri Widya Mandala yang beralamat di Jl. Wibisana No. 11 Kelurahan Delod Peken, Kecamatan Tabanan, Kabupaten Tabanan Bali. Dengan agenda awal memberikan sharing untuk dapat menerima kondisi dan memupuk rasa percaya diri serta memberikan bantuan donasi.

Kehadiran SOUL Community disambut dengan paduan suara dari anak-anak Panti Asuhan Widya Mandala dengan judul lagu “TAKSU”. Ibu Eriana Herlisanti selaku ketua Panti Asuhan Widya Mandala memberikan pemaparan terkait dengan kondisi Panti Asuhan yang dikelolanya. Selanjutnya perwakilan dari SOUL, Ibu Adek Dharanawati menyerahan Donasi, menyerahkan Buku SOUL Reflection dan proposal SOUL Action yang merupakan gerakan sosial yang dilakukan oleh SOUL Community, dan nantinya akan dilakukan pendampingan berkesinambungan setiap bulannya di Yayasan Gayatri Widya Mandala yang diwakili oleh Ibu Adek Dharanawati.

Dalam ruangan kelas yang bersih dan tertata, acara dilanjutkan dengan sharing oleh dr. A.A. Gede Sudianyana, Ketua dari gerakan SOUL Action. Anak-anak diajak menyaksikan film yang memberi inspirasi untuk motivasi diri bahwa masih banyak yang dapat disyukuri dalam hidup ini dan untuk terus berjuang walaupun tidak berada dalam asuhan orang tua.

Pembekalan dan pendampingan Tahap I

Pada tanggal 28 Mei 2017, SOUL melakukan pendampingan dan Pembekalan tahap I. Anak-anak diajak untuk mengenali dirinya dengan menemukan cita-citanya dan menggali apa yang telah dicapai dan apa yang harus disiapkan, lalukan untuk mencapai cita-citanya. Form daftar cita-cita dibagikan kepada mereka, dan dengan antusias mereka mengisinya dengan menggali apa yang ada dalam dirinya.

Dr. Satria Wibawa perwakilan dari SOUL mengarahkan bagaimana caranya mengisi form dimaksud. Diawali dengan pertanyaan Cita-citaku adalah… , cita-citaku akan tercapai jika… , kondisiku sekarang… , urutan pencapaian, dst nya.

Panti Asuhan Gayatri Widya Mandala

Satu persatu dari anak- anak tersebut kedepan memaparkan jawaban yang mereka isi dalam form daftar cita-cita tersebut. Salah satu dari anak-anak tersebut menuliskan berwa dia bercita-cita menjadi juara I debat bahasa inggris tidak saja di Bali tapi melebihi untuk mendapat bantuan pendidikan yang lebih tinggi.

Salut terhadap antusias mereka yang tinggi ditengah keterbatasan yang ada. Salah satu anak yang bercita-cita menjadi pengusaha, ketika ditanya apabila nanti jadi pengusaha mengalami kejatuhan apa yang akan dilakukan. Anak tersebut dengan lantang dan tanpa ragu menjawab, “Ya kalau jatuh, ya bangun lagi, bangkit lagi. Jatuh lagi, bangun lagi!” Jawaban sederhana namun menunjukkan semangat pantang menyerah yang luar biasa, patut dicontoh.

Dalam pendampingan ini Team dari SOUL memberikan arahan atas apa yang dipaparkan oleh anak-anak tersebut, sehingga akhirnya ditemukan jawaban apa yang menjadi cita-citanya, tahapan mencapai cita-cita dimaksud dan bagaimana untuk dapat mencapainya.

Sebagai bekal dalam mencapai cita-cita Dokter Gungde dari SOUL memberikan pemahaman terkait kecedasan dengan pemaparan pengetahuan terkait otak. Bagaimana meningkatkan kecerdasan, salah satunya dengan melakukan senam kecerdasan. Anak – anak dengan antusias menyimak dan mempraktekan langsung senan kecerdasan tersebut.

Untuk selanjutnya pembekalan tahap II akan dilakukan pada Bulan Juli 2017.

(Nenny S)

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *