Pembentukan Karakter Menuju Generasi Emas

Pembentukan Karakter Menuju Generasi Emas

July 18, 2018 SOUL ACTION SOUL Teens 0

SMP Swadhyaya Seni Ukir Penarungan Badung, pada tahun ajaran baru 2018 ini mengundang Yayasan Cahaya Cinta Kasih untuk mengisi program pendidikan karakter dengan metode SOUL yang diikuti oleh 162 siswa.

Materi SOUL for Teenager, yaitu metode pembentukan karakter untuk membentuk generasi emas berkualitas yang aktif, kreatif, percaya diri, serta berbudi pekerti luhur, yang merupakan bagian dari Program SOUL Goes to School.

Pendidikan karakter dengan metode SOUL adalah pembelajaran mengenai keseimbangan antara MIND, BODY dan SOUL (sehat jasmani, rohani dan spiritual), suatu cara untuk mengelola pikiran selalu positif, mengenali diri lebih dalam, pentingnya bahagia, bertoleransi, menjadi rendah hati, menjaga tubuh fisik dengan olahraga teratur, makan makanan sehat, melakukan Smart Brain Exercise, dan siswa juga diajarkan bagaimana cara untuk dapat terhubung dengan Tuhan.

                     

Pada akhir acara dilakukan SOUL Reflection, para siswa melakukan sesi perenungan batin, terhubung dengan Tuhan, meminta maaf dan memaafkan orang tua, guru, teman dan semua orang yang pernah bermasalah dengan mereka, merefleksikan batin, menyadari diri, melepaskan semua kekotoran batin, trauma, melepas rasa tidak percaya diri hingga akhirnya mampu benar benar merasakan bahagia, damai dan penuh percaya diri.

                   

Melalui program ini, diharapkan apa yang menjadi tujuan, yaitu agar para siswa dapat menjadi remaja yang aktif, kreatif dan percaya diri serta berbudi luhur bisa tercapai.