Rumah Cerdas Ganesha – Ds. Temukus, Singaraja, Bali

Rumah Cerdas Ganesha – Ds. Temukus, Singaraja, Bali

July 16, 2017 SOUL ACTION SOUL Kids 0

Soul Kids, Singaraja, Bali (16/07/2017)

Minggu, 16 Juli 2017 – Yayasan Cahaya Cinta Kasih bekerja sama dengan Buleleng Social Community (BSC) dan Undiksha (Universitas Pendidikan Ganesha), kembali mengadakan kegiatan untuk anak-anak di desa Temukus, Singaraja-Bali. Undiksha mengenalkan program Rumah Cerdas Ganesha yang melayani dari sisi pengetahuan akademik yang dibutuhkan khususnya matematika, sedangkan Yayasan Cahaya Cinta Kasih dengan aksi SOUL Action melayani dari sisi pembentukan karakter dengan menggunakan metode SOUL for Kids.

SOUL Action kali ini dihadiri ± 80 siswa kelas 4, 5 dan 6 SD yang berasal dari sekitar dusun Pegayaman, Labuan Aji, Bingin Banjah dan Dusun Tengah, Desa Temukus Singaraja-Bali. Melalui metode SOUL for Kids, mereka diajak untuk menumbuhkan rasa percaya diri, belajar hidup sehat, menghargai orang lain, mandiri dan fokus. Selain itu anak-anak yang hadir juga diberikan Smart Brain Exercise (Senam Kecerdasan), yang apabila rutin dilakukan setiap hari maka aliran oksigen ke otak akan meningkat, aktivitas otak kanan dan kiri menjadi seimbang, sehingga otomatis dapat meningkatkan konsentrasi dan kecerdasan.

Pada sesi pembelajaran, Team SOUL mengajak salah satu anak untuk maju ke depan sebagai contoh. Hal ini dimaksudkan untuk menumbuhkan rasa percaya diri, dan anak lainnya pun harus belajar menghargai upaya temannya karena telah berani tampil ke depan, dan memberi tepuk tangan adalah salah satu wujud penghargaan kepada orang lain.

 

Anak-anak juga belajar melalui  beberapa video pendek, dan mereka diajak untuk ikut membuat kesimpulan dari isi video tersebut. Setelah melalui beberapa pembelajaran, terlihat mereka menjadi lebih percaya diri untuk mengungkapkan isi pikiran dan pemahaman mereka di depan teman-temannya. Dan pada sesi akhir, mereka diajak untuk melakukan pemurnian diri/SOUL Reflection. Melalui sesi ini mereka diajak untuk terhubung dengan Tuhan, meminta maaf dan memaafkan, serta melepaskan hal-hal negatif dalam diri. Dengan ini diharapkan mereka dapat menjadi anak yang lebih berkualitas dari sisi mental dan karakter. Semoga apa yang telah diberikan oleh tim SOUL diaplikasikan dengan rutin dan mereka dapat menjadi anak yang sehat, cerdas, ceria dan penuh cinta.

(da)

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *